Pengertian Etika Bisnis
Etika bisnis merupakan studi yang
dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah.Studi ini berkonsentrasi pada
standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan,institusi, dan perilaku
bisnis. Etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimanastandar itu
diterapkan ke dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakatmodern untuk
memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang
yang ada di dalam organisasi.Beberapa hal yang mendasari perlunya etika dalam
kegiatan bisnis:
- Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan keuntungan, bisnis
juga
mempertaruhkan nama, harga diri,
bahkan nasib manusia yang terlibat di dalamnya.
- Bisnis adalah bagian penting dalam masyarakat.
- Bisnis juga membutuhkan etika yang setidaknya mampu memberikan pedoman bagi pihak-pihak yang melakukannya.
Bisnis adalah kegiatan yang
mengutamakan rasa saling percaya. Dengan saling percaya,kegiatan bisnis akan
berkembang baik. Dunia bisnis yang bermoral akan mampu mengembangkan etika yang
menjamin kegiatan. Dalam menciptakan etika bisnis, ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan, antara lain ialah:
A. Pengendalian
diri
Artinya, pelaku-pelaku bisnis dan
pihak yang terkait mampu mengendalikan diri
mereka masing-masing untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dan
dalam bentuk apapun. Disamping itu, pelaku bisnis sendiri tidak mendapatkan
keuntungan dengan jalan main curang dan menekan pihak lain dan menggunakan keuntungan
dengan jalan main curang dan menakan pihak lain dan menggunakan keuntungan
tersebut walaupun keuntungan itu merupakan hak bagi pelaku bisnis, tetapi
penggunaannya juga harus memperhatikan kondisi masyarakat sekitarnya. Inilah
etika bisnis yang "etis".
B. Pengembangan
tanggung jawab sosial (social responsibility)
Pelaku bisnis disini dituntut
untuk peduli dengan keadaan masyarakat, bukan hanya dalam bentuk
"uang" dengan jalan memberikan sumbangan, melainkan lebih kompleks lagi.
Artinya sebagai contoh kesempatan yang dimiliki oleh pelaku bisnis untuk
menjual pada tingkat harga yang tinggi sewaktu terjadinya excess demand harus
menjadi perhatian dan kepedulian bagi pelaku bisnis dengan tidak memanfaatkan
kesempatan ini untuk meraup keuntungan yang berlipat ganda. Jadi, dalam keadaan
excess demand pelaku bisnis harus mampu mengembangkan dan memanifestasikan
sikap tanggung jawab terhadap masyarakat sekitarnya.
C.
Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh pesatnya
perkembangan informasi dan teknologi.
Bukan berarti etika bisnis anti perkembangan informasi dan teknologi,
tetapi informasi
dan teknologi itu harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kepedulian bagi
golongan
yang lemah dan tidak kehilangan budaya yang dimiliki akibat adanya
tranformasi
informasi dan teknologi.
D. Menciptakan
persaingan yang sehat
Persaingan dalam dunia bisnis perlu untuk meningkatkan efisiensi dan
kualitas, tetapi persaingan tersebut tidak mematikan yang lemah, dan
sebaliknya, harus terdapat jalinan yang erat antara pelaku bisnis besar dan
golongan menengah kebawah, sehingga dengan perkembangannya perusahaan besar
mampu memberikan spread effect terhadap perkembangan sekitarnya. Untuk itu
dalam menciptakan persaingan perlu ada kekuatan-kekuatan yang seimbang dalam
dunia bisnis tersebut.
Jadi kesimpulan makna dari etika bisnis mempelajari mengenai hal yang benar
dan salah yang bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan terutama bisa
kita terapkan dalam melakukan bisnis .karna bisnis mengutamakan rasa saling
percaya ,dengan rasa saling percaya bisnis kita akan berkembang baik dan
menjadi bisnis yang bermoral .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar